PATRIA BASIC TRAINING 2016 - PART 2

Day 2 - 11 September 2016
Dimulai dengan bangun pagi pukul 05.00 (I see the sunrise lho, too beautiful to not take the pic), antri mandi, sarapan, dan lanjut ke sesi 2.

with Afie, Detan, and Wilson

Topiknya adalah "Faktor Kepemimpinan Fundamental" dibawakan oleh ko Lauren dan ci Erlin. Dikemas dengan apik dan keren sekali!
Poin poin penting selama sesi 2 :
√ Setiap pemimpin pasti memiliki pengikut
√ Yang harus dimiliki setiap pemimpin :
- Visi (tujuan yang jelas)
- Perubahan
- Pengaruh (mampu mempengaruhi orang untuk ikut serta mencapai tujuan)
- Kreativitas (mampu menghasilkan ide)
- Karakter (pemimpin yang baik harus memimpin diri sendiri dulu)
- Pengaturan Waktu (harus disiplin, mengetahui apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu)
- Pengambilan Keputusan
- Pengaturan Konflik
- Kesehatan (sehat fisik dan mental)
- Suksesi (transfer kepemimpinan)
ko Satria, ci Piehuang, me, Swendy, Rudy

Dilanjutkan dengan sesi 3 with ci Erlin dengan topik "Who Am I?"
Topik ini sangat menarik karena akan dianalisis karakter kita itu sebenarnya seperti apa. Yang kami lakukan di sesi ini yaitu Doodles dan Graphology. Doodles merupakan salah satu teknik menganalisis karaker seseorang menggunakan gambar gambar. Gambar yang tersedia yaitu hanya sebagian saja, kita diminta untuk melanjutkan gambar yang sudah tersedia. Gambar yang disediakan ada 12 buah. Sementara Graphology merupakan teknik analisis kepribadian dari tulisan tangan. Terdapat alat ukurnya, yaitu apakah tulisan kita tegak, miring ke samping kiri atau kanan, ukuran tulisan besar atau kecil (ukuran tulisan standar 3mm), dan masih banyak pengukuran lain.
ci Erlin

Next session ( sesi 4 ) with ko Lau again dengan topik "Etika Berorganisasi"
Di sesi ini kami diberi materi yang banyak berhubungan dengan etika berorganisasi dalam Patria. Selain itu, kami juga diminta untuk berdiskusi mengenai beberapa kasus yang diberikan.
:D

Sebelum lanjut ke sesi berikutnya, kami diminta untuk naik ke lantai 3 untuk main games. Kami disambut hujan deras dan angin kencang. Hahaha. Di sana kami dibagi menjadi 3 kelompok dan diberikan sebuah semangka. Rulesnya yaitu tiap tim harus menghabiskan semangka dalam waktu 15 menit. Pemenangnya yaitu makan yang paling rapi dan lingkungan sekitar harus bersih. "Cara buka semangkanya gimana?" Kami bertanya karena tidak diberi alat apapun. "Pikir sendiri caranya!"  Ini merupakan games untuk mengasah kreativitas kami. So, tim kami, tim 3, langsung menghancurkan semangka dengan mengetukkannya ke dinding. Semangka pecah, dan mulailah kami menghancurkan semangkanya menjadi bagian kecil agar dapat disantap bersama.
makan! makan!!

Tim kami yang pertama menghabiskan semangka dengan lahap. Tim 2 selesai di posisi kedua. Dan tim 1 selesai terakhir, tetapi merekalah yang paling rapi. Mereka berhasil membuka semangka menjadi 2 bagian menggunakan sendok.
tim 1 in action

Pemenangnya? Tim 1! Yihaaa! Congrats tim 1!!!  Hadiah akan diberikan pada malam hari, begitu kata MC kami. So, let's see what they get tonight! (They get DURIANNNN)
TIM 3

TIM 2

TIM 1


Then, kami disuruh turun ke ruang training kembali, dan lanjut ke sesi 5. Kembali lagi dengan Mas Tri dengan topik "Tips Manajemen Organisasi" Setelah bahas bahas beberapa hal, kami disuguhi games "Who wants to be a Millionare?" Kami diberi selembar kertas, dibagi menjadi 6 bagian. Lalu ditulisi angka 10, 20, 30, 40, 50, dan 60. Nah, dari 6 potongan kertas itu, coba negosiasi dengan teman dan lihat hasil akhirnya. Angka yang sama akan dikali. Angka yang berbeda akan ditambah. Awalnya saya agak bingung, jadi saya hanya berdiri dan menatap teman teman yang lain hahaha.
peace :v

Setelah games selesai, saya baru mengerti, ternyata begitu tohh wwkkwkw
sibuk, sibuk...

Back to topic, kami disuguhi slide slide lagi sebelum kami disuruh break sambil main games. Awalnya kami semua dibagi pensil dan disuruh cari pasangan pensilnya. Jadi sekarang semua berpasangan dan disuruh saling berhadapan. Gamesnya yaitu mematahkan pensil tsb menggunakan jari telunjuk. Caranya dipukul ya, dipukul pake jari telunjuk. Wahh, belum pernah saya menjumpai games seperti ini. Mas Tri melanjutkan pemberian petunjuk, "Salah satu dari kalian simpan pensilnya di kantong. Lalu motivasi teman kalian yang tidak memegang pensil untuk mematahkan pensil tsb. Kasih dukungan dengan kata kata sampai mereka berhasil melakukannya." Saya yang pertama kali menyimpan pensil, berarti saya yang duluan mematahkan pensil. Begitu disuruh mulai, saya dimotivasi oleh pasangan saya, dan langsung melakukannya. Cobaan pertama gagal, cobaan kedua gagal, cobaan ketiga… BERHASIL!!!  Yihaaa! Kala itu saya berteriak dalam diri saya sendiri, saya tidak akan berhenti mencoba sampai berhasil. Dan saya berhasil! Kemudian, gantian. Pasangan saya yang harus mematahkan pensilnya. Hanya dengan sekali pukulan, dia berhasil melakukannya.


Sekarang saatnya melihat ke sekeliling dan memberi motivasi ke teman kami yang masih belum berhasil. Seru sekali, rame sekali. Terakhir, sisa beberapa orang yang tidak mampu mematahkannya. Beberapa orang tsb dibantu oleh ci Erlin, se Paulus, dan ko Lauren. Dan mereka berhasil! Yeah, sometimes we need more motivation and support from others, and we can do it!
Ayokkkk, pasti bisaaaa!!!

Dan, sesi 5 dilanjutkan oleh Mas Tri kembali. Kemudian kami diberi 3 lembar Gift Card dan di slide presentasi muncul tulisan "GRATEFUL". Nah, sudah tau donk apa yang akan kami lakukan. Ya, tulis surat ucapan terima kasih untuk orang orang yang benar benar berjasa dan sangat membantu kita dalam hidup ini. Kadang kita lupa untuk mengucapkan terima kasih, jadi kami diberi kesempatan untuk mengutarakannya. Musik melow mulai diputar, lampu dipadamkan menjadi remang remang, dan kami dihadapkan pada 3 lembar gift card tsb. Mari menulis! Sambil menulis, air mata mulai turun. Yes, I shed some tears. Merasa terharu dan mungkin akibat musik melownya juga hahahaha.

I write the gift card for my mommy and daddy, my second sister, and ko William. Setelah semua selesai menulis, mas Tri berkata, "Bagi yang menulis gift card untuk orang orang yang ada di sini, berikanlah gift card tsb ke orangnya." Nah, karena ko Wil ada di sana, maka berdirilah saya, menuju tempat duduk ko Wil dan menyerahkan gift card tsb. Mungkin kalian bertanya tanya, kenapa ko Wil? Ya, saya tak akan bisa cukup berterimakasih ke Beliau. Beliau yang pertama kali mengenalkan Patria ke saya, Beliau yang selalu mendukung saya untuk ikut serta dalam kepanitian kegiatan, Beliau yang selalu bisa saya andalkan, Beliau yang selalu memberi semangat, Beliau yang membimbing saya, dan masih banyak hal lain. Karena Beliau, saya bergabung ke Patria, mengenal banyak teman baru, belajar menangani suatu kegiatan besar, mendapat banyak pengalaman, dan yang paling penting saya bahagia dengan semuanya. So, ya Thank you ko Wil :) Terima kasih telah menjadi koko yang baik buat saya ^^
Then, setelah selesai memberikan gift card kepada orang yang bersangkutan, mas Tri melanjutkan, "Saya akan pilih beberapa orang untuk membacakan gift cardnya." Pas saat itu, ko Wil dan ci Atho memberikan gift card kepada saya. Wahh, saat itu, rasanya campur aduk. Ternyata ada yang berterima kasih juga ke saya. Saya tersenyum dan bersyukur sekali.
Dan, saya ditunjuk untuk membacakan gift card saya. Saya maju ke depan dan membacakan gift card yang saya tulis dan yang saya terima.

Well, tebak apa yang terjadi! Saya gak menyangka ko Wil di belakang tempat duduknya mulai menangis. Saya tak sadar, jujur. Jadilah ko Wil dipanggil ke depan. Semua mulai heboh dengan meledek Beliau. Hahaha. Banyak gift card yang diterima ko Wil. Ya, memang Beliau pantas mendapatkannya ^^
Mas Tri meminta ko Wil untuk membacakan gift card yang diterima, tetapi ko Wil gak sanggup, air matanya terus mengalir. Jadinya, para pemberi gift card lah yang disuruh untuk maju dan membacakan gift cardnya. Beberapa orang mulai maju, tetapi saya masih di tempat duduk hahaha. Awalnya kukira untuk memberi kesempatan kepada yang lain untuk maju, karena saya sudah maju tadi hahaha. Tetapi terakhir dipanggil maju juga hahhaha. Satu per satu mulai membacakan gift card mereka ke ko Wil. Ko Wil sambil tersenyum bahagia, sambil menahan haru. Baper habis di waktu itu sodara sodara :D
baper ne yeeeee :p

Tiba giliran saya, saya membacakan apa yang saya tulis, kemudian memberikan gift cardnya ke ko Wil, dan saya dipeluk. Pelukan sebentar yang hangat. Thanks ko!
Sesi ini merupakan sesi terkeren dan terbaper selama PBT hahaha

Kemudian kami break makan malam dan mandi.
Nah, waktu menunjukkan pukul 20.00, lanjutttt sesi 6...
Tapi sesi ini agak berbeda, karena ini merupakan sesi sharing para senior Patria. Mas Tri dan ci Erlin mengundang ko Johnny dan ko William sebagai narasumber di sesi ini. Ko John mulai menceritakan awal mulanya memimpin Patria Sumut, dimulai dari satu orang, mulai mengajak ko Wil, dan Patria terus berkembang. People said, starting something new is not easy, it needs efforts to start it. Well, ko Johnny harus melalui banyak tantangan untuk membangun Patria dari awal di Sumut. Gak gampang pasti, ada yang mesti dikorbanin, ada yang harus diusahakan, dan masih banyak hal lain yang harus dilakukan. Tetapi berkat ketekunan dan tekad yang kuat, Patria berhasil ada di Sumut. Thanks ko John, berkat ko, kami semua bisa bergabung dengan Patria!
sesi sharing ko Johnny and ko Wil with ci Erlin and mas Tri :D

Lanjut lagi ke sesi 7 with mas Tri dan se Paulus dengan topik "Sukses dengan Pikiran Positif"
Nah, ini topik yang kutunggu tunggu. Selalu suka dengan topik Positive Thinking.

Di tengah sesi, kami dibagikan balon.
Next games -> playing with balloons

Ohoh, sebelumnya saya jarang sekali, hampir tidak pernah meniup balon. Dan games ini justru mengharapkan kami meniup balon sampai meletus. Well, agak gimana gitu feelingnya. Tapi peserta lain sudah mulai meniup dan meniup. Ya, saya tak mau kalah donk hahaha. Setelah beberapa menit, mulailah terdengar, duaarrrr… Beberapa balon mulai meletus. Saat itu, mungkin balon saya masih kecil hahaha. Mulai panik, bisa gak ya,  bisa gak ya...Terus meniup balon dengan sekuat tenaga, terus dan terus.
I CAN DO IT!
Sampai sisa beberapa orang termasuk saya yang belum berhasil meledakkan balon hahha. Saya terus diberi semangat oleh teman yang lain, "Ayokk Valen, pasti bisa!! Sudah mau meledak! Tiup lagi, lagi, sedikit lagi!" Wahhh, terpancing juga ne semangatnya hahaha. So, ya tetap meniup balonnya, dan akhirnyaaaa duuaarrrrrrr!!!! Yeahhhhh, lega, senang, bangga, semua rasanya campur aduk:D Then, saatnya untuk mendukung teman teman yang belum berhasil memecahkan balon. Ayokk ayokkk kamu pasti bisa!!! Dan kami semua berhasil! Good job guys!

Sesi dilanjutkan.. mata mulaimengantuk.. but thanks to se Paulus, hari itu saya minum 2 gelas kopi yang di brew langsung sama Beliau :)

Next next next.. dan sampai ke penghujung acara. Layar proyektor menunjukkan tulisan"FIRE WALK" FIRE WALK!! Ya gak salah baca koq.. berjalan di atas bara api! Whatt?!???! Tenang, tenang, kami semua diberi motivasi dan sugesti oleh se Paulus terlebih dahulu sebelum mempraktekkannya. Kemudian kami semua disuruh turun ke lantai 1 untuk melakukan fire walk tsb.
Sesampai di bawah, nampaklah arang arang yang sudah dinyalakan dan akan kami semua lewati.

Percaya atau gak percaya, saya cukup yakin bisa melakukannya. Walaupun tetap ada rasa takut dan deg deg an.. hahahha. Setelah beberapa orang melewati api tsb, saya juga mulai memberanikan diri sendiri untuk maju. Saya maju di garis start, dan dibantu ko Wil dengan sedikit arahan dan motivasi. Well, dalam hitungan ketiga, saya berjalan mantap melewati api tsb. Panas? Gak. Hampir bisa dibilang saya tak merasakan apa apa di telapak kaki saya. Ketika sampai di ujung barulah terasa panasnya hahahha. Sesampai di ujung kaki saya langsung disiram air dingin. Segerrrr... Nah, saya berhasil kan? So kawan kawan lain juga pasti bisa! Face your fear!
I PASS IT!!!!

Time passed, dan semua sudah berhasil melakukan fire walk itu. Kami kembali ke ruangan training, dan diminta untuk memberikan kesan setelah melewati fire walk.

Acara selanjutnya yaitu bday celebration untuk peserta yang berulang tahun di bulan 9. Empat tersangka sudah dipanggil ke depan dan ditakut takuti telah melakukan kesalahan. Hayoooo... Untungnya sih gak ada yang nangis hahahha
Happy bday to you, happy bday to you ^^
bday boys and girls (Sherly, Senju, Detan, Christina)

Jam menunjukkan hampir pukul 01.00 dan kami diberi kebebasan untuk ikut bbq plus makan durian atau tidur. Wahh duriann, sudah lama tak makan. Tentu saya tak melewatkan momen makan duriannya hahaha
duriannnnnn!!!

Spend some time with others, dengan makan durian, bbq, sampai makan kue bulan! Serius! Di pagi pagi buta itu kami makan durian dan kue bulan wkwkwkkwk tak pernah terbayangkan, tapi keren!
Jam 02.00 saya sudah kembali ke kamar dan tidur. Malam itu saya tidur 3 jam. Hari yang panjang dan melelahkan tapi menyenangkan sekali.
ci Piehuang disiksa makan durian :D

Mikroskil's team

See you at the next part :)

Comments

Popular posts from this blog

Arti Ayu Vanno Sukkham Balam

Baksos 24 April 2016 - Panti Asuhan Anugerah Kasih Medan

PATRIA BASIC TRAINING 2016 - PART 1